Tips Bisnis Usaha Kecil Dan Rumahan Modal Kecil Wajib Dicoba

Banyak orang rela menanti berjam-jam untuk antrian cuci motor ataupun mobil. Sebagian orang bahkan bersedia meninggalkan kendaraannya dan mengambilnya ketika mobil atau motornya telah selesai dicuci.

Untuk itu kiranya penting untuk menyimpan segala catatan secara detail sebagai bahan evaluasi yang lebih komprehensif. Untuk mempermudah proses evaluasi Anda, Moka memiliki fitur COGS di mana Anda dapat memantau harga beli untuk setiap barang yang dijual. Moka dapat membantu Anda menghitung rata-rata pengeluaran hingga memantau laba bersih dan kotor yang didapat dari penjualan Anda. Setelah Anda melakukan segala perencanaan dan persiapan maka yang perlu Anda lakukan adalah mengeksekusinya.


Usaha sampingan cuci motor/mobil dapat memberikan laba yang cukup tinggi jika Anda memulainya di daerah yang tepat. Sebaliknya, dengan bermimpi Anda memiliki gambaran yang jelas sehingga Anda mampu merancang proses bisnis terbaik agar gambaran tersebut menjadi kenyataan. Jauhkan pemikiran negatif ini sebelum Anda membuktikannya sendiri. Memiliki pola pikir (mindset) seperti para pebisnis sukses akan membantu Anda untuk menggapai kesuksesan yang diimpikan.

Kerja keras bertahun tahun untuk membangun usaha dari nol yang telah Anda kerahkan pun akan sia-sia. Dengan demikian kekecewaan pelanggan Anda dapat terobati dan usaha yang sudah Anda bangun dari nol tidak akan tercoreng namanya.

Jadi Anda tidak memerlukan biaya tambahan untuk sewa lokasi. Dan ketika Anda melihat masa depan dari bisnis ini maka Anda dapat memulai mengembangkannya dengan membuka cabang di lokasi strategis. Bila lingkungan Anda banyak pemilik motor ataupun mobil, mengapa tidak memulai usaha jasa cuci motor/mobil?

Setelah Anda melakukan evaluasi, maka pergunakan hasilnya untuk meningkatkan kualitas produk Anda. Jangan ragu untuk berinovasi dalam menciptakan produk yang lebih baik lagi karena tidak ada perusahaan yang puas pada satu produk saja. Apabila Anda tidak meningkatkan kualitas produk, maka seluruh kerja keras untuk membangun usaha dari nol akan sia-sia.

Kita harus pintar-pintar dalam mengambil langkah dalam berbisnis. Setiap penawaran yang masuk, baik itu dari teman atau pun lainnya, harus kita nilai dengan adil. Pahami dengan baik bahwa ide bisnismu, secemerlang apa pun rancanganmu, itu tak akan berhasil 100 persen. Jadi, saat baru memulai sebuah usaha dan mengimplementasikan idemu, tapi gagal, jangan minder dan menyerah. Cari lagi ide-ide lainnya yang bisa kamu terapkan atau perbaiki jadi lebih sempurna lagi.

Ingat bahwa memulai usaha dari nol bukanlah sesuatu yang mustahil. Jangan mundur ketika hal tidak berjalan sesuai dengan rencana. Anda juga dapat menemukan celah mana yang bisa Anda manfaatkan.

Pola pikir ini akan mengubah cara pandang Anda mengenai bisnis, sehingga Anda lebih menikmati proses dan mau belajar dari kesalahan yang dialami untuk menjadi alangkah baiknya. Bahkan Amazon, sebuah toko online terbesar di dunia, dulunya juga dimulai dari garasi mobil. Tidak hanya Amazon, perusahaan besar seperti Apple, Disney, Hewlett-Packard (HP) dan juga Google juga memulai bisnisnya dari garasi mobil. Jangan hanya karena berteman, kita menjadikan orang tersebut sebagai salah satu supplier, apalagi jika harganya lebih mahal atau kualitasnya tak begitu bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *